RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP/MTS | : SMP 1 WONOKERTO |
Mata Pelajaran | : Bahasa Inggris |
Kelas/Semester | : VII (Tujuh) / 1 |
Standar Kompetensi | : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. |
Kompetensi Dasar | : 1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang |
Indikator | : Merespon ungkapan ungkapan : • sapaan orang yang sudah / belum dikenal • perkenalan diri sendiri / orang lain • perintah / larangan |
Jenis Teks | : Transactional / Interpersonal |
Tema | : Personal Life |
Aspek / Skill | : Mendengarkan |
Alokasi Waktu | : 2 x 40 menit |
I. Tujuan Pembelajaran
- Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
- merespon ungkapan sapaan dari orang yang sudah dikenal.
- merespon ungkapan sapaan dari orang yang belum dikenal.
- merespon ungkapan perkenalan diri sendiri
- merespon ungkapan perkenalan orang lain
- merespon ungkapan perintah
- merespon ungkapan larangan.
- A. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
- B. Kosakata terkait tema / jenis teks. Misalnya : name, live, address, dsb C. Verbs : live, meet, do, stop, have D. To be : is, am, are E. Personal Pronouns : I, you, we, they, he, she, it F. Ungkapan baku :
- Good morning
- Don’t worry
- Thanks
- Nice to meet you?
- OK
- How are you ?
IV. Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Pendahuluan
a. Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan tentang identitas diri - Kegiatan Inti
a. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
b. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
c. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
d. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
e. Mendengarkan percakapan tentang perkenalan
f. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
g. Merespon ungkapan-ungkapan : sapaan, perkenalan, perintah dan larangan.
h. Melakukan perintah yang diucapkan guru - Kegiatan Penutup
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.
- Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )
- Script percakapan atau rekaman percakapan
- Gambar-gambar yang relevan
- 1. Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis.
- 2. Bentuk : Pertanyaan lisan
- 3. Instrumen :
A. Listen to the expressions and give your response orally!
- Good morning. How are you ? ………………………………………………………………..
- Hi, I’m Reno and you are ? ………………………………………………………………..
- Are you Anisa ? ………………………………………………………………..
- Hello, it’s nice to meet you ………………………………………………………………..
- Who is that girl ? ………………………………………………………………..
- 1. A: Hello, how are you ?
B : …
a. Fine, thanks c. Thank you
b. I’m Renny d. Don’t worry - 2. A: Is that your sister, Anna ?
B : …
a. Yes, it is c. I don’t know
b. No, she’s not here d. Very well, thanks. - 3. A: Budi, this is my friend, Susan.
B : Hi, Susan …
a. Fine, thanks. c. Nice to see you
b. It’s Ok d. I’m alright - 4. A: Open the door !
B : …
a. OK c. Good
b. Fine d. Really - 5. A: Don’t be late to school.
B : …
a. Yes, Sir c. Ok, Sir
b. No, Sir d. Fine, Sir
- Untuk nomor A, tiap jawaban benar skor 3
- Untuk nomor B, tiap jawaban benar diberi skor 2
- Jumlah skor maksimal
A. 5 x 3 = 15
B. 5 x 2 = 10
Jumlah 25 - Nilai maksimal = 10
- Nilai Siswa = skor perolehan / skor maksimal X 10
No. Uraian Skor I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab3
2
1
0II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab2
0Mengetahui
Kepala Sekolah,
Dra. Hartati
NIP. 19620709 198803 2 006Wonokerto,......2010
Guru Mata Pelajran,
Drs. Damari
NIP. -
JIKA BERMINAT SILAHKAN DOWNLOAD DAN BERIKAN KOMENTARNYA
DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS
Download Artikel
0 komentar:
Post a Comment
Bagaimana Komentar Anda? Silahkan Tulis disini